Membangun Content Website

Membangun content sebuah website yang prospektif perlu melibatkan riset untuk mendapatkan gambaran apakah topik kesayangan anda memiliki potensi sukses dan menguntungkan.

Pada dua artikel sebelum ini, yaitu Mencari Ide Untuk Website Anda serta Meriset Supply dan Menghitung Potensi Keyword, telah kita bahas mengenai penggunaan demand dan supply dalam rangka menghitung potensi konsep website ana. Demand adalah ukuran seberapa sering orang mencari topik atau keyword yang bersangkutan, sedangkan supply adalah gambaran seberapa banyak website telah memuat topik atau keyword tersebut. Dengan membagi demand terhadap supply kita akan memperoleh gambaran potensi atas keyword atau topik yang bersangkutan.

Biasanya, setelah menentukan potensi dari berbagai ide anda, mungkin anda akan menemukan satu topik yang benar-benar menarik minat anda serta tampaknya memiliki potensi yang menjanjikan. Namun sebelum membuat keputusan akhir, sebaiknya anda menggali lebih banyak informasi apakah topik tersebut benar-benar akan menjadi topik yang paling menguntungkan bagi pengembangan content website anda. Ini dapat dilakukan dengan memperluas daftar keyword anda serta memeriksa calon pesaing anda.



Memperluas Daftar Keyword

Memperluas daftar keyword anda sangat penting karena memungkinkan anda fokus pada topik yang khusus dalam pengembangan conten sebuah website. Untuk melakukan itu saya telah menyiapkan tool GRATIS bagi anda yakni Wordtracker Free Keyword Tool untuk memperluas keword dalam topik anda. Pada kotak pencarian, ketik keyword utama anda lalu klik "Hit Me".

Anda akan mendapatkan hasil dari keyword utama anda tadi, plus beberapa tambahan keywords lain yang berhubungan dengan keyword utama anda itu. Catatlah keywords baru yang anda lihat tinggi angkanya dan tambahkan pada tabel keywords anda (masih punya, kan?).

Membuat Daftar Keywords Potensial

Setelah menyalin dan memindahkan keywords baru itu, lanjutkan pencarian dengan keywords anda yang lain. Sebaiknya anda melakukannya hingga memiliki daftar berisi sedikitnya 50 keywords, yang nantinya akan diperiksa lebih lanjut.

Untuk memperluas keyword, caranya adalah dengan memikirkan hal-hal yang berhubungan dekat dengan topik utama anda. Misalnya, topik utama anda adalah "Anjing", maka keywords yang berhubungan dengan anjing yang dapat anda perluas antara lain 'makanan anjing', 'jenis anjing', 'buku-buku anjing', dan sebagainya.

Setelah anda melakukan pencarian pada keyword utama anda, lakukan pemilihan dari yang memiliki angka tertinggi hinga terendah. Angka yang tinggi itu menunjukkan bahwa keyword yang bersangkutan banyak dicari orang informasinya. Jika hasilnya renda, misalnya kurang dari 20, itu berarti topik tersebut tidak banyak diminati orang. Dan minat yang rendah tentu saja akan sulit mendatangkan traffic yang banyak sehingga website anda tidak memiliki potensi yang menguntungkan. Kecuali kalau jumlah pesaing pada topik itu tdak banyak!

Meneliti Pesaing Anda

Karena itu anda perlu melihat dan meneliti calon pesaing anda. Untuk melakukannya, ambillah 5 sampai 10 keywords anda yang memiliki angka tinggi. Sekarang gunakan lagi tool Search It! untuk meriset para pesaing anda. Sudah mengkliknya? Ok, sekarang ikuti langkah berikut:

  • Pada Step 1 pilih competition dari menu drop-down
  • Pada Step 2 pilih Google Single Keyword SUPPLY dari menu drop-down.
  • Pada Step 3 ketik salah satu keyword yang telah anda siapkan.
  • Klik tombol "Search It" .

Anda akan mendapatkan hasil pencariannya dari Google.com for your specific keyword. Kini anda perlu mengklik pada setiap website dari 10 website yang teratas untuk memeriksa tentang apakah website atau situs para pesaing itu. Kalau dari 10 situs-situs teratas itu tidak menawarkan informasi yang berkaitan dengan topik anda, barangkali anda salah mencomot keyword untuk pengembangan content website anda sebelumnya. Atau memang mereka bukan pesaing anda.

Tetapi jika YA, maka anda perlu meneliti para pesaing itu lebih dalam. Caranya dengan membuat daftar 10 website teratas yang fokus pada topik khusus anda. Anda dapat belajar banyak dari para pesaing top ini. Website dengan High ranking itu mampu menjadi top karena fokus pada topik husus dalam pengembangan content website-nya.

Tidak mustail mereka juga memperoleh uang dari website nya, karena itu tidak ada salahnya anda melakukan investigasi lebih jauh metoda pengembangan content website mereka. Caranya dengan meneliti bagaimana website tersebut mendatangkan uang dan bagaimana website tersebut ditata dalam beberapa seksi atau bagian.

Pelajari juga keywords apa saja yang menjadi target mereka. Untuk melakukan ini, lihatlah pada bagian atas layar komputer anda. Disana terlihat kata-kata "File", "Edit", "View", dan lain-lain. Ok, sudah tahu? Sekarang klik pada "View", lalu pilih "Source" dari menu drop-down. Otomatis anda akan melihat halaman notepad, yang menampilkan kode the html dari halaman website yang tadi anda hadapi.

Anda perlu berkonsentrasi pada kata description dan meta keywords tags. Jangan panik dan frustrasi jika beberapa website tidak menggunakan Meta Tags untuk description dan keywords mereka. Gunakan saja apa yang tersedia disana.

Kalau ternyata ada, maka buatlah catatan dari description yang mereka gunakan, karena ini menunjukkan tentang hal khusus apakah halaman tersebut. Untuk menemukan description, lihatlah pada META NAME="description" CONTENT="apapun yang tertulis disini".

Untuk contoh "anjing atau dog" misalnya, paling mungkin terjadi daftar description seperti ini META NAME="description" CONTENT="All about dog: dog health, dog names,dog care, choosing dog food, dog behavior, doggy care, getting a new dog , and all the aspects of living with a dog ."

Setelah itu temukan Keywords yang menjadi fokus mereka. Caranya dengan melihat pada META NAME="keywords" CONTENT="......".

Untuk "dog" misalnya, daftar keywords-nya: " litter box habits felines dogs lovers dog behavioral problems scratching marking spraying dogdog fancy doggy doggies feline breed standards breeders literature gifts animal health issues pet loss grief dogs, doggy care nutrition food veterinary, purr claws ferals homeless dogs advocates advocacy".

Jika ternyata para pesaing anda menggunakan keywords yang relevan tetapi anda belum punya, ambil dan tambahkan ke dalam daftar keywords anda.

Selanjutnya periksa Program Affiliate mereka. Jangan lupa, sementara anda sedang berada di website pesaing anda itu, periksa juga program affiliate yang mereka tawarkan kalau ada. Jika sebuah website memiliki program affiliate, berarti mereka menawarkan jasa atau produk untuk dijual dan akan membayar komisi bagi para refferal-nya. Ini penting jika anda bermaksud mencari uang dengan menggunakan program affiliate sebagai bagian dari pengembangan content website anda.

untuk melihat adakah sebuah website memiliki program affiliate, temukan kata "affiliate", "affiliate program", "make money with your website", dan sejenisnya. Kalau ada, buatlah catatan besarnya komisi yang mereka bayarkan kepada para refferals-nya.

Anda juga bisa melihat apakah website yang bersangkutan justru menjadi affiliate dari perusahaan lain. Caranya, klik pada beberapa produk yang direkomendasikan disana. Jika ini membawa anda pada sebuah website yang lain, catatlah website yang bau ini dan periksa program affiliate-nya.

Seberapa Tinggi Harga Keyword Anda?

Cara lain untuk memeriksa potensi keuntungan dari konsepwebsite anda adalah dengan mencari tahu seberapa banyak pesaing anda mau membayar keyword yang menjadi keyword utama anda. Untu itu gunakan lagi alat sakti ini Search It!. Sudah di klik? Ok, ikuti lagi langkah berikut untu mengetahui persaingan atas keyword anda:

  • Pada Step 1 pilih Monetization dari menu drop-down.
  • Pada Step 2 pilih Keywords Worth? (Google Keyword Tool) dari menu drop-down.
  • Pada Step 3 ketik keyword utama anda.
  • Klik pada tombol "Search It".

Nah, setelah Google Keyword Tool muncul, ketik keyword ianda ke dalam keyword variation box dan pilih "Show All" dibawah choose columns to display. Ketik kode pada security code yang tampak dan klik tombol "Get Keyword Ideas". Hasilnya akan memperlihakan jumlah relatif dari para pengiklan yang menggunakan atau mengejar keyword tersebut. Bar hijau menunjukkan ada jumlah yang besar dari perusahaan yang mengejar keyword tersebut, dan itu merupakan petunjuk bagi anda potensi keuntungan yang tinggi dari keyword tersebut.

Menganalisis Penelitian Anda

Wah seru juga kan riset anda? Selanjutnya anda perlu melihat kembali hasil anda untuk menentukan apakah anda telah memilih topik terbaik bagi pengembangan website anda.

Pertimbangkan masak-maak apakah topik tersebut memiliki cukup banyak pencari setiap bulannya. Apakah para pesaing mau memasang iklan untuk topik tersebut? Anda juga harus memastikan bahwa anda telah memiliki cukup banyak keywords untuk membangun website di sekitar topik tersebut. Ini akan menentukan konsep akhir yang akan menjadi pndasi sukses tidaknya website anda.

Wah, pusingkah anda? Mungki saja hal diatas terlihat sebagai pekerjaan yang banyak hanya untuk membuat sebuah website, tetapi saya tegaskan bahwa anda tidak sedang membuat sebuah website melainkan swedang membangun sebuah bisnis melalui website. Sekali lagi, bukan sekedar sebuah website!

Anda sedang membangun sebuah bisnis!!

Pikirkan baik-baik! Apakah anda akan membuka sebuah usaha nyata di jalan utama atau protokol tanpa memikirkan siapa saja para pesaing anda dan apa yang mereka lakukan? Tentu tidak bukan?! Alasan yang sama itulah yang dilakukan dalam membangun sebuah website yang aan menjadi usaha anda. Penelitian pada tahap ini adalah bagian paling penting dalam pengembangan content website anda.

Ok, saya kira kali ini kita stop dulu disini. Silakan mempelajari dan mempraktekannya sungguh-sungguh. Pada artikel berikutnya kita akan membahas dan melakukan penghalusan daftar keywords anda, dalam rangka mempertajam konsep website anda. Selamat meriset.



2 komentar:

SH Terate Sragen mengatakan...

mau yg lbh menguntungkan lagi...?

bonusnya gede lho...?

mau gabung silahkan di DAFTAR

jika butuh bantuan silahkan hubungi :
E-mail : kusuma_net@yahoo.co.id
YM : pg_cooler
HP : 085641788054

Keep mengatakan...

Hi, check out artikel motivasi and cerita motivasi

Hobby = Uang

Kalau anda punya hobby, apapun itu, jangan biarkan dia sekedar hobby. Anda bisa menyulapnya menjadi sumber uang. Pengetahuan yang anda miliki dari hobby anda itu akan bermanfaat bagi orang lain dan bagi penjual alat-alat yang diperluan dalam hobby anda itu. Misalnya hobby anda adalah memancing, maka perusahaan ala-alat pancing dan yang lainnya akan senang jika mereka boleh beriklan di tulisan yang anda buat dan, tentu saja, memberikan komisi kepada anda jika ada pembaca yang membeli produk mereka karena tulisan anda itu.

Site Build It!

Pelajari caranya dengan mengklik banner diatas atau DISINI.

E-BOOK Gratis

Silakan download. Semuanya GRATIS untuk anda. Syaratnya cuma satu: Pelajari dengan baik atau kalau tak sempat berikan ke orang lain agar tidak sia-sia. Itu saja!
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell Make Your Site Sell
Buku-buku diatas memang diperuntukkan bagi anda secara gratis. Buku yang pertama tentang cara agar Content atau isi website anda 'menjual'. Buku kedua tentang cara agar sukses berbisnis lelang di internet. Adapun buku ketiga memberikan cara-cara untuk menulis artikel yang 'menjual', sedangkan buku keempat berisi tentang kiat menawarkan harga yang memikat pembeli. Terakhir, buku kelima memberikan tuntunan agar pegetahuan yang kita miliki dapat bermanfaat dan menghasilkan keuntungan finansial. Silakan mendownload, mempelajarinya atau membagikan kepada orang lain secara ratis juga.

Ilmu Gratis

Bagaimana membuat agar Content atau Isi sebuah website memperoleh uang atau komisi? Membangun Content yang berkualitas adalah prasyaratnya, tetapi jika anda tak tahu cara merubahnya menjad uang maka barang yang bermutu itu akan mubazir. Darimana anda membangun isi yang bermutu? Jangan pesimis! Setiap orang tahu akan sesuatu tentang seuatu (Everybody knows something about something). Artinya pengetahuan anda, apapun itu, merupakan hal yg unik yang perlu didengar atau diketahui oleh orang lain. Nah, tulislah itu dan jadikan Content yang bermutu. Mungkin ada baiknya kalau anda memulainya dengan belajar menjadikan kata-kata anda memiliki nilai jual, dengan menuangkannya dalam tulisan yang "menjual". Dan bagaimana pula menentukan harga yang mampu memikat pembeli. Orang akan merasa terintimidasi melihat nilai tertentu yang harus dibayarnya atas sesuatu yang anda tawarkan. Kalau itu yang terjadi, mereka akan pergi.
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell.
Silakan pelajari ilmu yang gratis ini! (semua ilmu semestinya Gratis ya?, karena pada hakekatnya kalau dibagi bukan berkurang, malah bertambah).

VIDEO INSPIRATIONAL