Mencari Ide Untuk Website Anda

Banyak pemula yang bingung bagaimana mencari ide untuk website yang akan dibangunnya. Kalau anda juga demikian, jangan kuatir. Bukan karena anda tidak sendirian dalam hal itu, tetapi karena disini anda bisa mendapatkan caranya.

Tentu anda sudah mempunyai gambaran besarnya website anda, dan karena itu mari kita telaah lebih dalam apakah ide yang akan anda kembangkan nantinya memiliki potesi sukses atau tidak. Yang dimaksudkan ide disini adalah "tentang apakah website anda".

Bagaimana menentuan tentang apakah website anda sangat dipengaruhi oleh :
  1. Apa yang dicari (di-search) orang
  2. Konsep yang menarik minat anda
  3. Topik yang potensial untuk menghasilkan uang

Sangat penting untuk mengetahui apa yang dicari orang, karena kalau tidak ada yang mencari topik yang anda buat maka website anda tak akan dikunjungi orang. Selain itu juga harus tahu apakah topik kita bisa mendatangkan uang atau tidak. Kalau tidak, ngapain susah-susah. Anda tak perlu mengikuti panduan ini. Bikin saja sesuka hati anda.

Menetapkan topik secara hati-hati akan membawa sukses nantinya. Karena dengan berkonsentrasi pada area tetentu anda akan bisa membangun website berbasis tema yang bermuatkan halaman-halaman yan kaya isi dan fokus pada keyword. Ini penting karena search engine akan menyukainya dan meranking tinggi website anda, sehingga akan mendatangkan pengunjung.

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam mencari ide untuk website anda adalah dengan meneliti apa yang anda ketahui dan ang anda senangi. Mulailah dengan membuat daftarnya dengan mempertimbangkan anara lain:
  • Subyek apa yang banyak anda ketahui?
  • Hobby apakah yang paling anda sukai?
  • Apa yang menjadi keahlian anda?
  • Apa yang menarik minat anda?
  • Apa yang paling anda nikmati?
  • Masalah apa yang bisa anda pecahkan?
  • Area apa yang anda hebat dalam pekerjaan anda?
  • Kalau tidak untuk mencari uang, apa yang akan anda lakukan untuk mengisi hari-hari anda?

Setelah menyusun daftar jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas, maka pilihlah 3 yang paling anda sukai. Kenapa 3? Supaya tidak terlalu banyak tetapi masih ada pilihan. Dari yang tiga ini kita akan merincinya lebih jauh.

Misalnya yang 3 itu adalah:

  1. Pekerjaan anda adalah guru,
  2. Kesukaan anda adalah membaca,
  3. Anda senang mengisi hari-hari anda dengan berladang.

Ketiga tpik diatas masih terlalu luas dan akan membuat anda tidak bisa fokus membahasnya untuk mendapatkan Trafic atau pengunjung tertentu. Karena itu kita harus mempersemitnya, misalnya menjadi Pekerjaan anda adalah Guru Olahraga, Kesukaan anda adalah Membaca Komik, dan anda mengisi hari anda dengan Berladang Jagung. Nah jelas sekarang lebih spesifik kan? Ketiga topik yang sudah lebih spesifik itu anda jadikan konsep website anda.

Dari sini anda harus memerinci lebih detil lagi dengan membuat 5 daftar dari setiap konsep website anda diatas. Misalnya dari topik Berladang Jagung, anda bisa membuat 5 daftar lagi:

  • Metoda berladang jagung
  • Jenis-jenis ladang jagung
  • Memilih Jagung yang cocok
  • Memelihara ladang Jagung
  • Menjual hasil ladang jagung

Topik-topik yang lebih rinci ini akan menjadi calon keywords website anda. Keywords adalah kata atau kata-kata yang diketik orang pada kolom pencarian untuk menemukan topik tertentu.

Setelah anda membuat 3 x 5 daftar topik diatas kita akan melakukan riset atas calon keywords anda. Riset ini akan melihat berapa banyak keywords anda dicari orang, dan berapa banyak website yang sudah memakainya. Untuk melakukan riset itu kita akan menggunakan tools yang sudah ada sehingga anda tak akan pusing-pusing lagi, yaitu Search It. Perangkat Search it ini akan memungkinkan anda mendapatkan data berapa banyak keywords anda di search orang, dan juga berapa bayak halaman yang telah memuatnya (supply). Untuk itu silakan klik Search It sekarang, dan sebaiknya anda bookmark atau tambahkan di daftar favorites list. Anda akan menggunakan tool search it ini berulang kali selama membangun website. Jadi sebaiknya di bookmark atau masukkan daftar favorites anda.

Melacak Hasil Riset
Untuk melacak hasil riset anda, gunakan selembar kertas, atau bikin tabel notepad atau microsoft word ataupun spreadsheet. Tabel anda akan terdiri dari keywords, demand, supply dan potential.

KEYWORDS DEMAND SUPPLY POTENTIAL

Di kolom keywords, isilah dengan konsep website anda yg 3 itu masing-masing dengan 5 calon keywords anda yang sudah dibuat diatas (sudah buat belum? Kalau belum buatlah dulu!).

Nah untuk mengisi demand, supply dan potensial, anda harus menggunakan wordtracker tool. Disini saya telah menyediakan yang GRATIS-nya. Klik saja ini Wordtracker Free Keyword Tool. Saat sudah muncul search box, ketik keyword utama anda (misalnya: berladang jagung) lalu klik "Hit Me". Sebaiknya anda mengetik website konsep anda dulu (berladang jagung, bukan metode berladang jagung) karena anda bisa mendapat daftar keyword yang lebih banyak dari 5 yang sudah anda punyai. kalau ada keyword baru disana yang menarik anda, tambahkanlah ke dalam daftar topik di kolom keywords yang sudah anda buat.

Lihatlah pada kolom result. Angka-angka yang muncul di kolom "counts" adalah jumlah yang anda perlukan untuk mengisi di kolom "Demand" pada daftar yang sudah anda siapkan. Lanjutkan melakukan seperti itu untuk 2 konsep website yang lainnya.

Nah, sementara anda melakukan itu, saya akan menyiapkan bagaimana caranya melakukan riset untuk mendapatkan jumlah supply dan kemudian menghitung potensinya. Untuk sementara ini lakukan terus riset demand anda. Menarik dan menyenangkan, bukan?

Selamat meriset!



Tidak ada komentar:

Hobby = Uang

Kalau anda punya hobby, apapun itu, jangan biarkan dia sekedar hobby. Anda bisa menyulapnya menjadi sumber uang. Pengetahuan yang anda miliki dari hobby anda itu akan bermanfaat bagi orang lain dan bagi penjual alat-alat yang diperluan dalam hobby anda itu. Misalnya hobby anda adalah memancing, maka perusahaan ala-alat pancing dan yang lainnya akan senang jika mereka boleh beriklan di tulisan yang anda buat dan, tentu saja, memberikan komisi kepada anda jika ada pembaca yang membeli produk mereka karena tulisan anda itu.

Site Build It!

Pelajari caranya dengan mengklik banner diatas atau DISINI.

E-BOOK Gratis

Silakan download. Semuanya GRATIS untuk anda. Syaratnya cuma satu: Pelajari dengan baik atau kalau tak sempat berikan ke orang lain agar tidak sia-sia. Itu saja!
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell Make Your Site Sell
Buku-buku diatas memang diperuntukkan bagi anda secara gratis. Buku yang pertama tentang cara agar Content atau isi website anda 'menjual'. Buku kedua tentang cara agar sukses berbisnis lelang di internet. Adapun buku ketiga memberikan cara-cara untuk menulis artikel yang 'menjual', sedangkan buku keempat berisi tentang kiat menawarkan harga yang memikat pembeli. Terakhir, buku kelima memberikan tuntunan agar pegetahuan yang kita miliki dapat bermanfaat dan menghasilkan keuntungan finansial. Silakan mendownload, mempelajarinya atau membagikan kepada orang lain secara ratis juga.

Ilmu Gratis

Bagaimana membuat agar Content atau Isi sebuah website memperoleh uang atau komisi? Membangun Content yang berkualitas adalah prasyaratnya, tetapi jika anda tak tahu cara merubahnya menjad uang maka barang yang bermutu itu akan mubazir. Darimana anda membangun isi yang bermutu? Jangan pesimis! Setiap orang tahu akan sesuatu tentang seuatu (Everybody knows something about something). Artinya pengetahuan anda, apapun itu, merupakan hal yg unik yang perlu didengar atau diketahui oleh orang lain. Nah, tulislah itu dan jadikan Content yang bermutu. Mungkin ada baiknya kalau anda memulainya dengan belajar menjadikan kata-kata anda memiliki nilai jual, dengan menuangkannya dalam tulisan yang "menjual". Dan bagaimana pula menentukan harga yang mampu memikat pembeli. Orang akan merasa terintimidasi melihat nilai tertentu yang harus dibayarnya atas sesuatu yang anda tawarkan. Kalau itu yang terjadi, mereka akan pergi.
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell.
Silakan pelajari ilmu yang gratis ini! (semua ilmu semestinya Gratis ya?, karena pada hakekatnya kalau dibagi bukan berkurang, malah bertambah).

VIDEO INSPIRATIONAL