Menentukan Konsep sebuah Website

Membangun website yang memenuhi tujuan kita

Apakah anda sudah berniat membangun sebuah website sebagai sebuah usaha yang akan memenuhi harapan anda? Kalau jawabannya YA, maka ada beberapa hal yang perlu anda beri perhatian secara khusus dan serius mempertimbangkannya. Ingat bahwa langkah persiapan akan menentukan sukses atau gagal usaha kita, seperti sudah dibahas pada artikel "Gagal dalam Bersiap = Bersiap untuk Gagal" yang lalu. Nah, sebelum kita mulai merancang bentuk tata letak atau tampilan website kesayangan kita, ada sebaiknya kita menyisihan waktu untuk secara sungguh-sungguh memutuskan apa yang ingin dicapai oleh website kita ini.

Banyak motivasi, latar belakang maupun alasan orang membangun sebuah website, tetapi alasan yang paling logis dan paling banyak (dan paling jujur) adalah dalam rangka atau agar website itu akan menghasilkan uang, baik secara langsung maupun tidak. Secara jujur dan sadar saya sendiri menggunakan alasan itu untuk membangun website saya http://www.krakatoa-tribe-rhino-beaches-in-jakarta.com/.

Tentu saja ada latar belakang idealisme-nya juga, yakni untuk berbagi informasi ataupun pengetahuan yang saya ketahui kepada orang lain secara GRATIS. Benar-benar GRATIS! Karena itu anda tak perlu merasa takut bin khawatir harus mengeluarkan uang untuk mengunjungi situs saya dan memperoleh informasi yang anda butuhkan dari website saya itu. Lalu bagaimana saya bisa mengharapkan situs saya itu mendatangkan uang tanpa mengorek dari kantong pengunjung saya? Jawabannya akan kita bahas dalam artikel tentang Strategi Monetisasi website kita.

Ok, kembali ke anda, apakah yang akan dihasilkan oleh website anda? Jawabannya sering bergantung pula pada apakah anda sudah memiliki bisis sendiri atau belum. Kalaupun belum, ingatlah pepatah bahwa "Setiap Orang Memiliki Sesuatu Tentang Sesuatu" (Everybody has Something About Something). Berikut ini beberapa tujuan yang paling umum dari sebuah website:

* Untuk Mendatangkan Pelanggan:
Jika anda memiliki usaha dalam bidang jasa, pertimbangkan untuk membangun website dalam rangka memenuhi tujuan mengiklankan jasa anda dan mendatangkan pelanggan. Dalam hal ini Website anda akan memuat informasi tentang jasa yang anda miliki dan membangun krediiltas anda terhadap para pengunjung.

* Untuk Menyediakan Informasi Perusahaan:
Kalau anda sudah memiliki perusahaan atau perusahaan tempat anda bekerja, anda dapat mnggunakan website untuk informasi bagi pelanggan maupun calon pelanggan anda. Sesungguhnya ini adalah sebuah metoda biaya rendah untuk mengiklankan bisnis (perusahaan) anda, selain menyediakan layanan dan dukungan kepada pelanggan (customer support and services). Bahkan anda bisa menyediakan kontak info, jam kerja atau layanan, rincian produk dan lain sebagainya. (Yang ironis dan banyak terjadi di Indonesia, khususnya BUMN dan lembaga pemerintah, fungsi diatas justru membawa atau merendahkan kredibilitas mereka sendiri terhadap para pelanggannya karena data dan informasinya tidak akurat, tidak lengkap dan kadaluarsa karena tidak/jarang sekali di-update.)

* Untuk Menjual Produk:
Anda dapat juga menggunakan website anda untuk menjual produk anda sendiri atau orang lain melalu toko online. Cara pintar yang bisa anda gunakan adalah dengan membuat review atas produk dan menginformasikannya melali website anda kepada pengunjung tertentu anda(targeted visitors). Catatan penting: Kalau selama ini anda ragu melakukan ini di Indonesia karena tidak ada pembeli online disini (karena harus pakai kartu kredit), sekarang sudah ada kabar baiknya yaitu PAYPAL telah masuk Indonesia sejak tahun 2008. Tentang PayPal, silakan klik saja PayPal ini.

* Menyediakan Informasi Tentang Pengetahuan Anda:
Jika anda belum memiliki usaha, peroduk atau jasa yang ingin anda promosikan, anda dapat mulai membuat website yang menyediakan informasi tentang sesuatu yang (akan) banyak anda ketahui. Dengan menyediakan informasi yang bagus (dan unik) orang akan mencari anda, sehingga anda dapat membangun website yang sukses yang mendatangkan penghasilan melalui komisi sebagai affiliate. Ini persis seperti alasan saya membangun website saya diatas.

Jika anda ingin tahu lebih banyak mengenai bagaimana anda bisa menjual pengetahuan anda itu melalui website yang anda akan buat, silakan periksa informasi ini. Atau bagaimana anda bisa mendatangkan uang melalui program afiliasi lihat saja disini. Anda juga bisa mendapatkan E-book Gratis Affiliate Masters Course ini.

Butir-butir diatas hanyalah beberapa contoh dalam membangun website yang sesuai dengan tujuan anda. Andabisa menggali lebih banyak ide dari berbagai contoh (ide) bisnis disini.

Tujuan Website dapat disesuaikan Sejalan dengan Waktu.
Sebagai sesuatu yang hidup, website kita dapat berubah tujuannya setiap waktu jika diperlukan. Bisa ditambah atau dikurangi. Yang penting jangan ragu untuk memulaina, namanya juga baru mulai an jaman bisa berubah, bukan? Begitu meliat peluang yang memungkinkan kita bisa saja menambahtujuan website kita mialnya menjual produk, jasa, ebook, dan lain sebagainya.

Nah, nanti setelah anda menentukan apa yang anda inginkan dari website anda, maka membangun websie yang sesuai dengan harapan dan tujuan anda akan menjadi lebih mudah. Isi atau content dari website kita akan mengalir secara alamiah, sesuai sifat bisnis yang kita pilih itu.

Perkara berikutnya adalah Menentukan Target Pengunjung kita secara Tepat.
Sebelum kita mulai mencai uang dengan website kita, kita harus membangun website yang menghasilkan TRAffic secara bagus. Ini bisa dilakukan dengan cara memilih konsep situs yang berdasarkan pada keywords yang profitable atau mengntungkan. Kita akan membahas lebih detil lagi soal keywords dan memilih keywords yang menguntungkan bagi konsep website kita pada artikel yang akan datang. Untuk sementara silakan mendalami materi ini dengan seksama. Selamat belajar!


Tidak ada komentar:

Hobby = Uang

Kalau anda punya hobby, apapun itu, jangan biarkan dia sekedar hobby. Anda bisa menyulapnya menjadi sumber uang. Pengetahuan yang anda miliki dari hobby anda itu akan bermanfaat bagi orang lain dan bagi penjual alat-alat yang diperluan dalam hobby anda itu. Misalnya hobby anda adalah memancing, maka perusahaan ala-alat pancing dan yang lainnya akan senang jika mereka boleh beriklan di tulisan yang anda buat dan, tentu saja, memberikan komisi kepada anda jika ada pembaca yang membeli produk mereka karena tulisan anda itu.

Site Build It!

Pelajari caranya dengan mengklik banner diatas atau DISINI.

E-BOOK Gratis

Silakan download. Semuanya GRATIS untuk anda. Syaratnya cuma satu: Pelajari dengan baik atau kalau tak sempat berikan ke orang lain agar tidak sia-sia. Itu saja!
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell Make Your Site Sell
Buku-buku diatas memang diperuntukkan bagi anda secara gratis. Buku yang pertama tentang cara agar Content atau isi website anda 'menjual'. Buku kedua tentang cara agar sukses berbisnis lelang di internet. Adapun buku ketiga memberikan cara-cara untuk menulis artikel yang 'menjual', sedangkan buku keempat berisi tentang kiat menawarkan harga yang memikat pembeli. Terakhir, buku kelima memberikan tuntunan agar pegetahuan yang kita miliki dapat bermanfaat dan menghasilkan keuntungan finansial. Silakan mendownload, mempelajarinya atau membagikan kepada orang lain secara ratis juga.

Ilmu Gratis

Bagaimana membuat agar Content atau Isi sebuah website memperoleh uang atau komisi? Membangun Content yang berkualitas adalah prasyaratnya, tetapi jika anda tak tahu cara merubahnya menjad uang maka barang yang bermutu itu akan mubazir. Darimana anda membangun isi yang bermutu? Jangan pesimis! Setiap orang tahu akan sesuatu tentang seuatu (Everybody knows something about something). Artinya pengetahuan anda, apapun itu, merupakan hal yg unik yang perlu didengar atau diketahui oleh orang lain. Nah, tulislah itu dan jadikan Content yang bermutu. Mungkin ada baiknya kalau anda memulainya dengan belajar menjadikan kata-kata anda memiliki nilai jual, dengan menuangkannya dalam tulisan yang "menjual". Dan bagaimana pula menentukan harga yang mampu memikat pembeli. Orang akan merasa terintimidasi melihat nilai tertentu yang harus dibayarnya atas sesuatu yang anda tawarkan. Kalau itu yang terjadi, mereka akan pergi.
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell.
Silakan pelajari ilmu yang gratis ini! (semua ilmu semestinya Gratis ya?, karena pada hakekatnya kalau dibagi bukan berkurang, malah bertambah).

VIDEO INSPIRATIONAL