Meriset Supply dan Menghitung Potensial Keyword

Masih ingat tulisan sebelumnya tentang 'Mencari Ide Untuk Website Anda'? Pada tulisan itu kita telah membahas cara meriset demand dari keywords yang akan kita gunakan dalam konsep website yang akan kita bangun. Mari kita lanjutkan!

Setelah mengetahui demand atau kebutuhan (jumlah pencarian kata yang bersangkutan) dari keywords yang kita perlukan bagi konsep website kita, jangan gembira dulu jika angka demand itu tinggi. Kita harus pula melihat supply-nya yaitu berapa banyak kata kunci (keywords) yang bersangkutan telah disediakan oleh website atau situs lain yang telah ada. Karena supply yang banyak akan menentukan potensi berhasil atau tidaknya bisnis yang akan kita bangun. Dengan kata lain supply yang banyak menunjukkan persaingan yan tinggi pula untuk memperebutkan keywords tersebut merujuk kepada website kita.

Untuk melakukan ini anda bisa menggunakan tool Search it! dari SiteBuid It! atau SBI! yang telah saya sediakan disini. Klik saja kata Search it! ini. Anda akan menemukan sebuah tabel 4 kotak yang berisi Step1, Step2, Step3 dan Step4. Lakukan hal berikut ini:
  • Pada 'Step1' pilih kata competition pada menu pulldown
  • Pada 'Step2' pilih kata google single keyword supply
  • Pada 'Step3' ketiklah keyword pertama anda ( dari tabel anda)
  • Lalu klik tombol 'Search It!

Nah, ketika muncul hasilnya (result), angka yang anda cari adalah yang diblok, terletak di sebelah kanan atas daftar hasil. Misalnya, jika anda mengetik 'ladang jagung' sebagai keyword yang anda pilih, google akan menunjukkan: Results 1-10 of about 245,000 for 'ladang jagung'.
"Results 1-10" berarti berapa banyak hasil pencarian google pada setiap halaman hasil pencarian. Makin besar angkanya berarti makin banyak total halaman untuk keyword tersebut. Sebagai catatan, jika anda melakukan ini tanpa menggunakan Search It!, anda harus meletakkan tanda kutip pada setiap keyword yang anda ketik pada kotak pencarian google. Dan hasilnya hanya berdasarkan pada website yang menyediakan keyword yang persis sama dengan yang anda ketik, tidak termasuk turunannya.

Hasil pencarian diatas lalu anda letakkan pada kolom supply di tabel anda. Secara sepintas anda sudah dapat melihat perbandingan antara demand (hasil wordtracker) dengan supply (hasil search it/google). Kalau anda membaginya (demand/supply) maka anda akan memperoleh potensi dari keyword tersebut. Lakukan cara ini untuk keywords yang lain. Hasil pembagian itu anda masukkan ke kolom Potensial pada tabel anda.

Menganalisis Hasil Riset

Tentu saja anda akan mencari keywords dengan demand yang tinggi tetapi supply-nya rendah bukan? Itu dengan mudah anda lihat pada kolom Potensial yang memberikan nilai tinggi. Ini akan sangat membantu memberikan gambaran seberapa besar potensi yang dimilki oleh konsep website yang akan anda bangun.

Tetapi anda tidak boleh main tembak memungut begitu saja keywords yang memiliki angka potensial tinggi. Perhatikan juga pembilang dan penyebutnya. Bisa jadi angka demand (serta supply-nya) sangat kecil sehingga sebenarnya tidak prospektif juga. Atau hal yang sangat ekstrim, misalnya demand-nya besar tetapi supply mendekati nol, karena ini bisa saja demand fiktif akibat rekayasa para spammer dan pengejar traffic yang tidak masuk akal. Karena itu perlu dilakukan riset yang lebih mendalam untuk menentukan apakah topik yang dipilih memang benar-benar memiliki potensi sukses yang besar. Kita akan bahas ini pada artikel berikutnya yakni Mengembangkan Content Website.

Tentu semua langkah itu memerlukan waktu yang tidak sedikit dan berulang-kali. Untungnya Site Build It telah menyediakan perangkat yang mampu mengintegrasikan berbagai proses kerja itu sehingga anda tinggal mem-pin-point konsep website yang anda inginkan. Ini jelas menghemat puluhan jam yang harus anda lakukan. Tambahan pula, software Site Build it! akan melakukan semua proses kalkulasi yang diperlukan sehingga anda tak perlu repot dan menghindari kesalahan yang sering terjadi jika kita menghitungnya secara manual. Tak ada ruginya untuk mencobanya, daripada ratusan jam anda terbuang percuma untuk membuat website yang akan gagal di kemudian hari.



Tidak ada komentar:

Hobby = Uang

Kalau anda punya hobby, apapun itu, jangan biarkan dia sekedar hobby. Anda bisa menyulapnya menjadi sumber uang. Pengetahuan yang anda miliki dari hobby anda itu akan bermanfaat bagi orang lain dan bagi penjual alat-alat yang diperluan dalam hobby anda itu. Misalnya hobby anda adalah memancing, maka perusahaan ala-alat pancing dan yang lainnya akan senang jika mereka boleh beriklan di tulisan yang anda buat dan, tentu saja, memberikan komisi kepada anda jika ada pembaca yang membeli produk mereka karena tulisan anda itu.

Site Build It!

Pelajari caranya dengan mengklik banner diatas atau DISINI.

E-BOOK Gratis

Silakan download. Semuanya GRATIS untuk anda. Syaratnya cuma satu: Pelajari dengan baik atau kalau tak sempat berikan ke orang lain agar tidak sia-sia. Itu saja!
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell Make Your Site Sell
Buku-buku diatas memang diperuntukkan bagi anda secara gratis. Buku yang pertama tentang cara agar Content atau isi website anda 'menjual'. Buku kedua tentang cara agar sukses berbisnis lelang di internet. Adapun buku ketiga memberikan cara-cara untuk menulis artikel yang 'menjual', sedangkan buku keempat berisi tentang kiat menawarkan harga yang memikat pembeli. Terakhir, buku kelima memberikan tuntunan agar pegetahuan yang kita miliki dapat bermanfaat dan menghasilkan keuntungan finansial. Silakan mendownload, mempelajarinya atau membagikan kepada orang lain secara ratis juga.

Ilmu Gratis

Bagaimana membuat agar Content atau Isi sebuah website memperoleh uang atau komisi? Membangun Content yang berkualitas adalah prasyaratnya, tetapi jika anda tak tahu cara merubahnya menjad uang maka barang yang bermutu itu akan mubazir. Darimana anda membangun isi yang bermutu? Jangan pesimis! Setiap orang tahu akan sesuatu tentang seuatu (Everybody knows something about something). Artinya pengetahuan anda, apapun itu, merupakan hal yg unik yang perlu didengar atau diketahui oleh orang lain. Nah, tulislah itu dan jadikan Content yang bermutu. Mungkin ada baiknya kalau anda memulainya dengan belajar menjadikan kata-kata anda memiliki nilai jual, dengan menuangkannya dalam tulisan yang "menjual". Dan bagaimana pula menentukan harga yang mampu memikat pembeli. Orang akan merasa terintimidasi melihat nilai tertentu yang harus dibayarnya atas sesuatu yang anda tawarkan. Kalau itu yang terjadi, mereka akan pergi.
Make Your Content PREsell Net Auction Masters Course Make Your Words Sell Make Your Price Sell Make Your Knowledge Sell.
Silakan pelajari ilmu yang gratis ini! (semua ilmu semestinya Gratis ya?, karena pada hakekatnya kalau dibagi bukan berkurang, malah bertambah).

VIDEO INSPIRATIONAL